1. Pengertian Macromedia Flash
Software untuk membuat animasi yang biasanya digunakan untuk berbagai keperluan di Internet. Misalnya, untuk membuat situs, banner iklan, logo yang beranimasi, serta animasi pelengkap lainnya.
Flash dikembangkan dari suatu aplikasi yang bernama SmartSketch. SmartSketch sendiri merupakan aplikasi untuk menggambar yang diluncurkan pada 1994 oleh FutureWave, bukan oleh Macromedia. Aplikasi ini cukup sukses di tengah pasar aplikasi menggambar yang dikuasai oleh Illustrator dan Freehand.
Pada musim panas 1995, SmartSketch memperoleh masukan dari penggunanya agar SmartSketch dapat digunakan untuk membuat animasi. FutureWave sangat tertarik untuk membuat suatu aplikasi untuk membuat animasi. Namun FutureWave agak pesimis mengenai pemasarannya, karena pada saat itu animasi hanya didistribusikan dengan VHS atau CD-ROM.
Kemudian World Wide Web mulai mengembangkan sayapnya, dimana grafik dan animasi menjadi vital. FutureWave melihat kesempatan ini untuk memasarkan aplikasi yang mampu menghasilkan animasi dua dimensi. Kemudian menggunakan pemrograman Java sebagai player-nya. Namanya juga sedikit dimodifikasi menjadi SmartSketch Animator. Namun, nama SmartSketch Animator dirasakan kurang menjual, sehingga nama tersebut diubah menjadi CelAnimator. Tetapi kemudian, karena kuatir dicap sebagai aplikasi pembuat kartun, CelAnimator diubah menjadi FutureSplash Animator.
Walaupun dengan ide yang cukup revolusioner, FutureSplash sulit populer. Oleh karena itu FutureWave mendekati Adobe. Namun karena demo FutureSplash yang kurang memuaskan dengan lambatnya animasi, Adobe menolak memproduksi FutureSplash. Baru pada November 1996, Macromedia mendekati FutureWave untuk bekerja sama. FutureWave menyetujui tawaran Macromedia. Kemudian FutureSplash Animator diubah namanya menjadi Macromedia Flash 1.0.
2. Manfaat Macromedia Flash
Dengan corak fitur yang lengkap dalam Flash, Anda dapat menciptakan banyak jensi aplikasi. Berikut adalah contoh beberapa macam hasil output dari aplikasi,Macromediaflash
Animasi. Di sini termasuk iklan banner, kartu ucapan online, kartun, dan lain-lain. Beberapa tipe lain dari aplikasi Flash menambahkan unsur animasi secara baik.
Games. Banyak game (permainan) yang dibangun menggunakan Flash. Game kadang-kadang kombinasikan antara kemampuan animasi Flash dengan kemampuan logika ActionScipt..
Alat Penghubung Pengguna. Banyak perancang website menggunakan Flash untuk merancang alat pengubung pengguna. Alat penghubung termasuk navigasi sederhana sama seperti beberapa alat penghubung secara kompleks. Anda dapat melihat beberapa contoh navigasi yang dibuat menggunakan Flash di situs http://macromedia.com.
Area Pesan Fleksibel. Di sini adalah sebuah area dalam halaman website yang dirancang untuk menampilkan informasi yang memungkinkan periobahan waktu. Sebuah flexible messaging area (FMA) pada sebuah website restoran mungkin menampikan informasi tentang menu khusus setuap hari secara berbeda. Anda dapat melihat contoh sebuah FMA pada situs http://macromedia.com.
Kaya Aplikasi Internet. Di sini meliputi suatu spektrum aplikasi luas yang menyediakan sebuah kaya alat penghubung pengguna untuk menampilkan dan mengontrol manipulasi penyimpanan data di internet. Sebuah aplikasi Internet kaya dapat menjadi sebuah aplikasi kalender, aplikasi pencari harga, sebuah katalog belanja, sebuah aplikasi pendidikan dan ujian, atau aplikasi lain yang menghadirkan pengotrol data dengan grafik kaya alat penghubung.
Software untuk membuat animasi yang biasanya digunakan untuk berbagai keperluan di Internet. Misalnya, untuk membuat situs, banner iklan, logo yang beranimasi, serta animasi pelengkap lainnya.
Flash dikembangkan dari suatu aplikasi yang bernama SmartSketch. SmartSketch sendiri merupakan aplikasi untuk menggambar yang diluncurkan pada 1994 oleh FutureWave, bukan oleh Macromedia. Aplikasi ini cukup sukses di tengah pasar aplikasi menggambar yang dikuasai oleh Illustrator dan Freehand.
Pada musim panas 1995, SmartSketch memperoleh masukan dari penggunanya agar SmartSketch dapat digunakan untuk membuat animasi. FutureWave sangat tertarik untuk membuat suatu aplikasi untuk membuat animasi. Namun FutureWave agak pesimis mengenai pemasarannya, karena pada saat itu animasi hanya didistribusikan dengan VHS atau CD-ROM.
Kemudian World Wide Web mulai mengembangkan sayapnya, dimana grafik dan animasi menjadi vital. FutureWave melihat kesempatan ini untuk memasarkan aplikasi yang mampu menghasilkan animasi dua dimensi. Kemudian menggunakan pemrograman Java sebagai player-nya. Namanya juga sedikit dimodifikasi menjadi SmartSketch Animator. Namun, nama SmartSketch Animator dirasakan kurang menjual, sehingga nama tersebut diubah menjadi CelAnimator. Tetapi kemudian, karena kuatir dicap sebagai aplikasi pembuat kartun, CelAnimator diubah menjadi FutureSplash Animator.
Walaupun dengan ide yang cukup revolusioner, FutureSplash sulit populer. Oleh karena itu FutureWave mendekati Adobe. Namun karena demo FutureSplash yang kurang memuaskan dengan lambatnya animasi, Adobe menolak memproduksi FutureSplash. Baru pada November 1996, Macromedia mendekati FutureWave untuk bekerja sama. FutureWave menyetujui tawaran Macromedia. Kemudian FutureSplash Animator diubah namanya menjadi Macromedia Flash 1.0.
2. Manfaat Macromedia Flash
Dengan corak fitur yang lengkap dalam Flash, Anda dapat menciptakan banyak jensi aplikasi. Berikut adalah contoh beberapa macam hasil output dari aplikasi,Macromediaflash
Animasi. Di sini termasuk iklan banner, kartu ucapan online, kartun, dan lain-lain. Beberapa tipe lain dari aplikasi Flash menambahkan unsur animasi secara baik.
Games. Banyak game (permainan) yang dibangun menggunakan Flash. Game kadang-kadang kombinasikan antara kemampuan animasi Flash dengan kemampuan logika ActionScipt..
Alat Penghubung Pengguna. Banyak perancang website menggunakan Flash untuk merancang alat pengubung pengguna. Alat penghubung termasuk navigasi sederhana sama seperti beberapa alat penghubung secara kompleks. Anda dapat melihat beberapa contoh navigasi yang dibuat menggunakan Flash di situs http://macromedia.com.
Area Pesan Fleksibel. Di sini adalah sebuah area dalam halaman website yang dirancang untuk menampilkan informasi yang memungkinkan periobahan waktu. Sebuah flexible messaging area (FMA) pada sebuah website restoran mungkin menampikan informasi tentang menu khusus setuap hari secara berbeda. Anda dapat melihat contoh sebuah FMA pada situs http://macromedia.com.
Kaya Aplikasi Internet. Di sini meliputi suatu spektrum aplikasi luas yang menyediakan sebuah kaya alat penghubung pengguna untuk menampilkan dan mengontrol manipulasi penyimpanan data di internet. Sebuah aplikasi Internet kaya dapat menjadi sebuah aplikasi kalender, aplikasi pencari harga, sebuah katalog belanja, sebuah aplikasi pendidikan dan ujian, atau aplikasi lain yang menghadirkan pengotrol data dengan grafik kaya alat penghubung.
1. Pengertian
Software
untuk membuat animasi yang biasanya digunakan untuk berbagai keperluan
di Internet. Misalnya, untuk membuat situs, banner iklan, logo yang
beranimasi, serta animasi pelengkap lainnya.
Flash
dikembangkan dari suatu aplikasi yang bernama SmartSketch. SmartSketch
sendiri merupakan aplikasi untuk menggambar yang diluncurkan pada 1994
oleh FutureWave, bukan oleh Macromedia. Aplikasi ini cukup sukses di
tengah pasar aplikasi menggambar yang dikuasai oleh Illustrator dan
Freehand.
Pada
musim panas 1995, SmartSketch memperoleh masukan dari penggunanya agar
SmartSketch dapat digunakan untuk membuat animasi. FutureWave sangat
tertarik untuk membuat suatu aplikasi untuk membuat animasi. Namun
FutureWave agak pesimis mengenai pemasarannya, karena pada saat itu
animasi hanya didistribusikan dengan VHS atau CD-ROM.
Kemudian
World Wide Web mulai mengembangkan sayapnya, dimana grafik dan animasi
menjadi vital. FutureWave melihat kesempatan ini untuk memasarkan
aplikasi yang mampu menghasilkan animasi dua dimensi. Kemudian
menggunakan pemrograman Java sebagai player-nya. Namanya juga sedikit
dimodifikasi menjadi SmartSketch Animator. Namun, nama SmartSketch
Animator dirasakan kurang menjual, sehingga nama tersebut diubah
menjadi CelAnimator. Tetapi kemudian, karena kuatir dicap sebagai
aplikasi pembuat kartun, CelAnimator diubah menjadi FutureSplash
Animator.
Walaupun
dengan ide yang cukup revolusioner, FutureSplash sulit populer. Oleh
karena itu FutureWave mendekati Adobe. Namun karena demo FutureSplash
yang kurang memuaskan dengan lambatnya animasi, Adobe menolak
memproduksi FutureSplash. Baru pada November 1996, Macromedia mendekati
FutureWave untuk bekerja sama. FutureWave menyetujui tawaran
Macromedia. Kemudian FutureSplash Animator diubah namanya menjadi
Macromedia Flash 1.0.
2. Manfaat
Dengan
corak fitur yang lengkap dalam Flash, Anda dapat menciptakan banyak
jensi aplikasi. Berikut adalah contoh beberapa macam hasil output dari
aplikasi,Macromediaflash
Animasi.
Di sini termasuk iklan banner, kartu ucapan online, kartun, dan
lain-lain. Beberapa tipe lain dari aplikasi Flash menambahkan unsur
animasi secara baik.
Games.
Banyak game (permainan) yang dibangun menggunakan Flash. Game
kadang-kadang kombinasikan antara kemampuan animasi Flash dengan
kemampuan logika ActionScipt..
Alat
Penghubung Pengguna. Banyak perancang website menggunakan Flash untuk
merancang alat pengubung pengguna. Alat penghubung termasuk navigasi
sederhana sama seperti beberapa alat penghubung secara kompleks. Anda
dapat melihat beberapa contoh navigasi yang dibuat menggunakan Flash di
situs .
Area
Pesan Fleksibel. Di sini adalah sebuah area dalam halaman website yang
dirancang untuk menampilkan informasi yang memungkinkan periobahan
waktu. Sebuah flexible messaging area (FMA) pada sebuah website
restoran mungkin menampikan informasi tentang menu khusus setuap hari
secara berbeda. Anda dapat melihat contoh sebuah FMA pada situs .
Kaya
Aplikasi Internet. Di sini meliputi suatu spektrum aplikasi luas yang
menyediakan sebuah kaya alat penghubung pengguna untuk menampilkan dan
mengontrol manipulasi penyimpanan data di internet. Sebuah aplikasi
Internet kaya dapat menjadi sebuah aplikasi kalender, aplikasi pencari
harga, sebuah katalog belanja, sebuah aplikasi pendidikan dan ujian,
atau aplikasi lain yang menghadirkan pengotrol data dengan grafik kaya
alat penghubung.
0 komentar:
Posting Komentar